Definisi, Jenis, dan Contoh Alat Kontrasepsi serta Keuntungan

Definisi, Jenis, dan Contoh Alat Kontrasepsi serta Keuntungan



Pengertian Kontrasepsi

Kontrasepsi adalah satu cara atau cara yang mempunyai tujuan untuk menghindar pembuahan hingga tak berlangsung kehamilan. Negara berkembang seperti Indonesia yang mempunyai jumlah masyarakat besar mensupport program kontraspesi untuk mengatur perkembangan jumlah masyarakat serta untuk tingkatkan kesejahteraaan keluarga. Dalam soal ini pemerintah Indonesia mengadakan program Keluarga Merencanakan atau KB lewat penyusunan kelahiran.

alat kontrasepsi pil KB
Type Kontrasepsi

Kontrasepsi bisa dikerjakan dengan alat bantu ataupun tanpa ada alat bantu. Cara kontrasepsi tanpa ada alat bantu dimaksud juga KB system kalender atau abstinesia. Cara KB dengan system kalender yaitu mengatur kehamilan dengan tak lakukan jalinan cekcual ketika wanita dalam saat subur. Saat subur terkait dengan terjadinya siklus menstruasi atau datang bln.. Saat subur wanita yaitu lebih kurang 1 minggu saat sebelum menstruasi serta 1 minggu setelah menstruasi.

Type kontrasepsi yang ke-2 yaitu kontrasepsi dengan alat bantu. Dengan alat bantu kontrasepsi sangat mungkin sperma serta sel telur tidak bisa bersua meskipun berlangsung ejakulasi didalam pagina waktu lakukan jalinan cekcual. Penggunaan alat kontrasepsi masih tetap memetik pro serta kontra di kelompok orang-orang, terlebih kelompok agamawan. Tetapi sekarang ini orang-orang sudah banyak memakai alat kontrasepsi untuk menolong mengatur kelahiran anak.
Beberapa macam Alat Kontrasepsi

Di bawah ini misal alat kontrasepsi yang banyak dipakai oleh orang-orang sekarang ini beserta keunggulan serta kekurangan yang diakibatkan dalam penggunaannya.

1. IUD (Intra Uterine Piranti)

IUD yaitu alat kecil terdiri berbahan plastik yang lentur yang dimasukkan ke rongga rahim, serta mesti ditukar jika telah digunakan dalam saat spesifik. Keunggulan pemakaian IUD yaitu sangatlah efisien untuk menghindar kehamilan. Sedang kekurangan pemakaian IUD yaitu bisa mengakibatkan pendarahan diluar siklus menstruasi yang dihadapi wanita.

Cara kerja IUD, banyak yang memiliki pendapat bahwa cara kerja dari IUD ini yaitu dengan menyusahkan bersuanya sperma serta sel telur. Tetapi sebagian dokter muslim menuturkan bahwa karakter kerja IUD yaitu menghindar bersemainya sel telur yang sudah dibuahi didalam Rahim (sudah berupa zygot), hingga bisa disimpulkan membunuh bayi diusia awal. Hingga sebagian ulama memiliki pendapat bahwa pemakaian IUD haram.

IUD alat kontraspesi

2. Kondom.

Kondom dipakai pada fenis pria untuk menghindar sperma bersua sel telur saat berlangsung ejakulasi. Kondom berbentuk sarung karet yang terbuat berbahan lateks. Keunggulan pemakaian kondom yaitu gampang dipakai serta tak memerlukan pertolongan medis untuk menggunakan. Kekurangan pemakaian kondom yaitu terjadinya kebocoran cairan mani serta alergi pada penggunaan beberapa bahan kondom spesifik.

kondom alat kontrasepsi

3. KB Suntik.

KB Suntik dikerjakan tiap-tiap 3 bln. sekali pada seseorang wanita untuk menghindar terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur). Keunggulan memakai KB Suntik yaitu efisien menghindar kehamilan tanpa ada butuh banyak step yang susah. KB Suntik juga termasuk juga cara kontrasepsi yang terhitung murah untuk orang-orang Indonesia. Walau sekian, suntikan KB pada eksperimen hewan dapat tingkatkan berlangsung kemungkinan kanker.

4. Pil KB.

Pil KB dimaksud juga kontrasepsi oral. Pil KB diisi hormon yang menghalangi pengeluaran sel telur. Kelebihan memakai Pil KB yaitu dapat mengatur kehamilan sekalian efisien menghindar kanker ovarium serta endometrium. Sedang kekurangan pemakaian pil KB yaitu mesti diminum oleh wanita dengan cara teratur. Apabila tak diminum dengan cara teratur serta disiplin jadi kemungkinan hamil terus berlangsung.

5. Implant

Cara kontrasepsi implant (susuk) diletakkan dibawah kulit lengan wanita serta keluarkan hormon yang menghindar pelepasan ovum. Cara kontrasepsi ini terbilang efisien serta tak membutuhkan kedisiplinan tinggi seperti pemakaian Pil KB. Kekurangan pemakaian implant yaitu dapat mengakibatkan fase menstruasi tak teratur. Diluar itu, beberapa masalah melaporkan implant yang tertanam tak berdiam di lengan tetapi bergerak ke sisi badan paling dekat yang lain.

implant susuk alak kontrasepsi bawah kulit

6. Difragma

Diafragma atau cervical cap bermanfaat untuk menutupi uterus hingga menghindar sperma membuahi sel telur. Cara ini tak umum di Indonesia lantaran terkecuali mahal, pemasangannya mesti dengan tenaga medis dengan cost yang mahal. Ditambah lagi angka kegagalan tinggi, penambahan resiko infeksi, memerlukan pelajari dari tenaga kesehatan, ketidaknyamanan

Diafragma alat kontrasepsi

7. Cermat, busa atau spons

Cermat termasuk juga alat kontrasepsi yang digunakan oleh wanita yang memiliki kandungan spermisida (zat yang membunuh sel sperma) hingga sperma tidak berhasil masuk uterus. Cermat sekarang ini tidak sering digunakan dalam cara kontrasepsi lantaran tak efisien menghindar kehamilan serta menyebabkan alergi pada beberapa besar wanita yang menggunakan.

Sekian info sekitar type, cara serta alat kontrasepsi yang umum digunakan oleh manusia. Terkecuali langkah tersebut, pencegahan kehamilan dapat juga dikerjakan dengan cara operasi vasektomi serta tubektomi. Penjelasan komplit tentang dua cara tersebut bakal kita ulas pada artikel setelah itu. Semoga artikel ini dapat menaikkan pengetahuan Anda untuk mengatur kelahiran anak.

2 Responses to "Definisi, Jenis, dan Contoh Alat Kontrasepsi serta Keuntungan"

wdcfawqafwef