Sumber Vitamin B Kompleks, fungsi dan akibat jika kekurangan

Sumber Vitamin B Kompleks, fungsi dan akibat jika kekurangan



Vitamin adalah senyawa organik yang ada pada makanan yang mutlak dibutuhkan supaya berlangsung perkembangan badan yang normal. Vitamin dibutuhkan dalam jumlah relatif sedikit serta tak membebaskan daya. Vitamin bisa digolongkan jadi dua, yakni vitamin yang larut di air serta vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut di air yaitu Vitamin B serta C. Sedang vitamin yang terlarut dalam lemak yaitu Vitamin A, D, E, serta K.
Sumber Vitamin B Kompleks
Salah satu kandungan vitamin yang utama untuk perkembangan manusia yaitu vitamin B kompleks, yakni vitamin B1, B2, B3, B6, B11, serta B12. Di bawah ini kami rangkum sumber, manfaat serta disebabkan yang diakibatkan bila kekurangan semasing vitamin B itu.

1. Vitamin B1

Sumber makanan yang memiliki kandungan Vitamin B1 yaitu beras merah, kuning telur, susu, jantung, hati, otak, katul, gandum, wortel, kacang hijau, serta ragi.
Manfaat Vitamin B1 yaitu melindungi keseimbangan air pada badan, menolong penyerapan lemak pada usus, serta menolong metabolisme karbohidrat.
Bila kekurangan mengkonsumsi Vitamin B1 bisa mengakibatkan beri-beri serta neuritis, selera makan alami penurunan, masalah metabolisme karbohidrat, serta peredaran cairan badan bakal terhalang.

2. Vitamin B2

Vitamin B2 diketemukan pada makanan susu, keju, sayuran, telur, beras, gandum, hati, ginjal, serta jantung.
Vitamin B2 berperan untuk merangsang kemampuan saraf mata serta membuat lancar oksidasi zat makanan.
Kekurangan vitamin B2 dapat mengakibatkan pandangan mata kabur lantaran katarak serta keratitis, perlukaan di pojok mulut, serta perkembangan badan bakal terganggu.

3. Vitamin B3

Vitamin B3 ada pada makanan kedelai, kol, ragi, susu, hati, tomat, serta bayam.
Vitamin B3 berperan dalam sistem perkembangan serta pemisahan sel, menghindar penyakit pelagra, serta menolong perombakan karbohidrat.
Apabila kekurangan Vitamin B3, seorang dapat terkena penyakit pelagra dengan tanda-tanda dermatitis. Sinyal tanda pelagra diantaranya kulit terkelupas, kemerahan, pecah-pecah, serta eksim. Kekurangan Vitamin B3 dapat juga mengakibatkan penyakit demensia (cepat lupa serta cepat capek), anemia, pendarahan di gusi serta usus, serta diare.

4. Vitamin B6

Vitamin B6 ada pada makanan telur, ikan, daging, hati, biji-bijian, serta sayuran.
Vitamin B6 berguna dalam sistem perkembangan, pembentukan beberapa sel darah, serta merangsang kerja urat saraf.
Bila kekurangan Vitamin B6, manusia dapat terserang tanda-tanda anemia, pelagra, sulit buang air besar, serta dermatitis.

5. Vitamin B11 serta B12

Kandungan Vitamin B11 dapat kita dapatkan pada makanan hati. Sedang Vitamin B12 ada pada makanan hati, ikan, serta susu.
Manfaat vitamin B11 serta B12 yaitu menolong perkembangan sel darah merah serta menghindar terjadinya pernisiosa. Pernisiosa yaitu tanda-tanda anemia akut yang dapat mengakibatkan kematian pada manusia pasien.
Kekurangan vitamin B11 serta B12 dapat mengakibatkan terjadinya kekurangan zat besi dalam darah (anemia).

Sekian info kesehatan ini kami untuk. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

1 Response to "Sumber Vitamin B Kompleks, fungsi dan akibat jika kekurangan"

  1. vitamin yang berkualitas memang diperlukan untuk kesehatan tubuh. Sekedar info, beli vitamin di https://savey.xyz/id/perbelanjaan/vitamin-murah-tempat-terbaik-untuk-membeli-vitamin-online/ terpercayaaa

    BalasHapus

wdcfawqafwef