Siklus Menstruasi Dan Masa Subur Wanita

Siklus Menstruasi Dan Masa Subur Wanita



Siklus menstruasi pada wanita biasanya berlangsung tiap-tiap 28 hari, tetapi ada juga yang 21 hari serta 30 hari. Pada hari pertama hingga hari ke-14 berlangsung perubahan serta perkembangan folikel primer jadi folikel graaf yang dirangsang oleh hormon FSH. Setelah itu, sel oogonium berkembang membelah dengan cara meiosis hingga dihasilkan sel telur haploid (N). Pemisahan meiosis adalah pemisahan yang berlangsung pada alat-alat reproduksi di mana 1 sel induk (2n) membelah jadi 4 sel anak dengan jumlah kromoson sel anak adalah 1/2 dari jumlah kromoson sel induk.

Siklus Menstruasi

Folikel juga membuahkan hormon estrogen yang merangsang keluarnya Luteinizing Hormin (LH) dari kelenjar hipofisis, merangsang perbaikan dinding uterus yang mengelupas pada saat menstruasi pada awal mulanya, serta menghalangi pembentukan Follicle Stimulating Hormon (FSH). Pada hari ke-14 hingga hari ke-28 folikel graaf yang sudah masak dirangsang oleh hormon LH hingga berlangsung ovulasi. Ovulasi yaitu pelepasan satu sel telur dari ovorarium serta berlangsung satu bulan sekali.

Hormon LH juga merangsang folikel yang sudah kosong hingga beralih jadi tubuh kuning (korpus luteum). Tubuh kuning membuahkan hormon progesteron yang berperan menyiapkan endometrium untuk terima embrio dan menghalangi pembentukan hormon FSH serta LH. Hormon progesteron yaitu hormon yang dihasilkan oleh kelenjar kelamin wanita yang bermanfaat untuk menyiapkan uterus untuk terima embrio.

Kehadiran hormon progesteron menyebabkan tubuh kuning mengecil serta mengakibatkan menghilang hingga pembentukan progesteron juga berhenti. Juga sebagai mengakibatkan, endometrium bakal jadi kering, setelah itu terkelupas, serta terjadi pendarahan atau yang kita kenal dengan nama menstruasi. Mentruasi berlangsung pada hari ke-28 dari siklus ini. Lantaran hormon progesteron telah tak ada, jadi hormon FSH mulai terbentuk serta kembali berlangsung sistem oogenesis. Sekian selanjutnya.

Berdasar pada penjelasan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa wanita mempunyai saat subur pada hari ke-14 mulai sejak berlangsungnya datang bln. (menstruasi) serta berjalan sepanjang lebih kurang 1 minggu. Perhitungan saat subur wanita ini berguna dalam soal rencana kelahiran anak lewat program Keluarga Merencanakan (KB). Semoga artikel yang mengulas siklus menstruasi ini dapat menaikkan wawasan Anda tentang kesehatan wanita.

0 Response to "Siklus Menstruasi Dan Masa Subur Wanita"

Posting Komentar

wdcfawqafwef